Slider

Monday, December 10, 2012

eksterior

Desain Teras RumahDesain Rumah Minimalis. Mungkin secara kasat mata, teras rumah hanya akan membuang lahan saja, terlebih bagi mereka yang memiliki rumah-rumah mungil dengan lahan yang terbatas. Sehingga terkadang muncul pertanyaan “Seberapa pentingkah teras dalam hunian?”
Dewasa ini, teras rumah bukan hanya sekedar ruang perantara sebelum masuk ke ruang tamu. Akan tetapi dengan meningkatnya kebutuhan ruang serta gaya hidup, maka teras rumah pun mengalami pergeseran yang tentunya banyak manfaatnya untuk para penghuni rumah, misalnya teras rumah dijadikan sebagai ruang tamu terbuka, dan lain sebagainya.

 Dalam kebutuhan ruang dewasa ini, fungsi teras bisa beralih sebagai ruang tamu itu sendiri. Bukan lagi sebagai elemen pelengkap, kini orang banyak mendekorasi teras rumah dengan konsep multifungsi.
Jika dahulu, keberadaan teras identik terletak di depan rumah, kini lain lagi. Teras bisa berada di samping rumah, belakang, menjadi perantara antar ruang di dalam rumah, bahkan di atas atap. Bila berada di depan, teras dapat sebagai area peralihan. Sementara di lokasi lainnya, teras menjelma menjadi tempat rekreasi keluarga.
Namun, karena bisa terletak di beberapa lokasi bukan saja di muka rumah, teras tak lagi menjadi area yang dapat diakses terbuka. Kadang, untuk menutupi aktivitas personal maka teras diberi sekat berupa tanaman untuk memberi kesan samar-samar.
Awalnya, teras menjadi area penahan paparan panas di rumah-rumah beriklim tropis. Fungsi lainnya juga sebagai penahan air hujan. Namun, bila keberadaanya bukan di depan, maka dua fungsi ini tidak terpenuhi.
Namun demikian, kerena kebutuhan ruang meningkat serta gaya hidup perkotaan, maka keadaan ini bisa disiasati lewat desain bangunan. Maka, kini, bila kembali pada pertanyaan apakah keberadaan teras penting atau tidak, jawabnya kembali pada kebutuhan Anda masing-masing. Apakah fungsinya sebagai tempat berinteraksi, ruang multifungsi, atau sekedar area transisi?


SAMBUT TAMU DENGAN TERAS ATRAKTIF

Teras memang bisa berposisi di samping, belakang, atau depan rumah. Kebanyakan, orang memilih penempatan teras di bagian depan rumah agar berkesan lebih formal.
Apabila rumah menghadap barat atau timur, sebaiknya ditambahkan kerai pada bagian teras rumah. Pasalnya, bangunan yang mengarah barat dan timur segaris dengan peredaran matahari, dan kemungkinan mendapatkan paparan cahaya matahari lebih besar pada waktu pagi atau sore. Hal ini juga berpengaruh pada pemilihan furnitur dan aksesori untuk teras.
Selanjutnya, Anda perlu menentukan tujuan pembuatan teras. Misalnya, untuk menyambut tamu dalam suasana nonformal atau sekaligus berfungsi sebagai tempat bersantai untuk membaca koran.

 

 

 

 

Ide Desain Ruang Luar Rumah Agar Lebih Menarik

 

desain ruang luar rumahDesain Ruang Luar Rumah. Dalam rancangan desain rumah minimalis, kebanyakan orang cenderung lebih fokus pada interior.  Hal karena interior merupakan tempat di mana semua anggota keluarga menghabiskan sebagian besar waktu mereka. Namun, ini tidak berarti bahwa bagian luar rumah kurang penting. Jika Anda ingin rumah anda  tampak bagus, bagian luar rumah perlu diurus juga, karena merupakan bagian pertama yang akan dilihat orang ketika mereka datang ke rumah anda. Rasanya kurang puas jika bagian luar rumah tidak melengkapi keindahan bagian dalam, begitu juga sebaliknya.
Sebenarnya ada banyak hal yang dapat Anda lakukan untuk desain ruang luar rumah. Tentunya anda akan membutuhkan jasa seorang desainer profesional untuk mengerjakan perencanaanya, tapi jika anda punya minat dan bisa mengerjakan sendiri kenapa tidak?  Berikut dalah beberapa ide yang mungkin bisa anda terapkan pada luar rumah.
Pilihlah Warna Cat Yang Benar
Salah satu hal sederhana yang dapat Anda lakukan untuk membuat bagian luar rumah Anda tampil menarik adalah dengan mengecat dinding anda dengan warna yang tepat. Ada berbagai jenis cat dan warna Anda dapat anda temukan dipasaran. Meskipun kelihatannya sederhana tapi hal ini bisa memberikan efek yang cukup besar untuk tampilan luar rumah anda.
Tambahkan Furniture Outdoor
Memiliki banyak furniture untuk interior merupakan hal yang umum, tapi anda perlu juga mencoba outdoor furniture. Ada banyak pilihan yang bisa anda temukan di toko mebel seperti sofa rotan outdoor, meja kopi untuk ruang luar, dan furnitur taman. Jenis furnitur ini tidak hanya meningkatkan nilai desain area luar anda tapi juga ada nilai fungsional dimana anda bisa duduk-duduk dan beraktifitas di area tersebut.
Taman Luar
Ini adalah salah satu cara terbaik untuk membuat desain luar rumah anda terlihat baik. Memiliki taman juga akan menjaga kelestarian lingkungan. Anda bisa menyewa desainer lanskap atau jika perlu mengerjakannya sendiri. Mulailah dengan sesuatu yang kecil dan secara bertahap anda bisa menanam tumbuhan yang berbeda seperti bunga atau pohon-pohon besar sebagai peneduh.
Buatlah Dek Atau Teras
Ini merupakan langkah yang  ideal jika Anda memiliki anggaran yang besar. Sebuah dek atau teras merupakan  perpanjangan dari dalam rumah menuju area ruang luar tertentu yang anda inginkan. Seperti halnya pada outdoor furnitur, dek atau teras ini juga akan menambah fungsi dari ruang luar rumah anda dan membuatnya menjadi lebih bagus. Ada banyak desain dek dan teras  yang bisa anda temukan di majalah desain atau internet. Menyewa arsitek professional juga merupakan langkah yang bagus.
Ini adalah beberapa ide yang bisa anda lakukan untuk meningkatkan kualitas desain ruang luar rumah anda. Semoga bermanfaat.

http://www.desainrumahimpian.com/wp-content/uploads/2012/09/desain-ruang-luar.jpg

 

No comments: